Jumat, 20 September 2013

pakkiok bunting


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Pada era globalisasi dan dizaman modern saat ini banyak orang yang sudah tidak memperdulikan budaya dan adat istiadat yang dimilikinya, terutama para generasi muda yang lebih dominan untuk mengadopsi budaya-budaya dari negara lain, hal inilah yang mengakibatkan kurangnya perhatian sebagian orang terhadap budaya yang dimilikinya tidak terkecuali dengan budaya atau adat perkawinan yang di dalamnya terdapat budaya ‘pakkiok bunting’ yang mana sudah sangat jarang kita temui ditengah-tengah masyarakat kita.
Pada makalah ini kita akan membahas tentang budaya ‘pakkiok bunting’ yang saat ini mulai tergeser dengan budaya-budaya modern akibat semakin berkurangnya minat para generasi muda untuk melestarikan budaya ini.


B.     RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah yang akan dibahas pada makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Apa yang dimaksud dengan pakkiok bunting?
2.      Berikan contoh naskah pakkiok bunting!
3.      Jelaskan pentingnya mempertahankan budaya pakkiok bunting!


C.    TUJUAN
1.      .dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan pakkiok bunting
2.      Dapat mengetahui pentingnya mempertahankan budaya pakkiok bunting
3.      Dapat mengetahui naskah pakkiok bunting

D.    MANFAAT
Dengan adanya makalah ini kita dapat mengatahui seberapa pentingnya melestarikan budaya yang kita miliki khususnya budaya pakkiok bunting atau boto-botoang.











BAB II
PENBAHASAN

A.    Pengertian Pakkiok Bunting
Pakkio Bunting berasal dari dua kata (bahasa makassar) yang artinya “Pakkio = Panggilan, memanggil sedangkan Bunting = Pengantin, Mempelai. Pakkio Bunting adalah rangkaian kalimat-kalimat yang dilantunkan oleh seseorang yang dituangkan untuk memanggil pengantin (mempelai) saat tiba di rumah mempelai pasangannya.
Zaman dahulu, jika rombongan pengantin sudah tiba di rumah pasangan pengantin tersebut, mereka tak akan menaiki anak tangga atau masuk ke rumah jika mereka tidak di panggil secara resmi. Dan biasanya, jika lantunan Pakkio Bunting sudah diucapkan, si pelantun juga menaburkan beras kepada pengantin tersebut.


B.     Pentingnya Menjaga dan Melestarikan Pakkiok Bunting
Dalam setiap penyelenggaraan perkawinan, sudah lazim diselenggarakan perjamuan dengan iringan orkes atau electone. Masyarakat kita sudah jarang menyaksikan ‘berbalas pantun’ pada saat iringan pengantin pria tiba di rumah pengantin perempuan. Bahkan peran pemuka adat, tokoh-tokoh masyarakat dan sanro tergantikan oleh waria (calabai) sebagai ‘anrong bunting’. Orang-orang tua pun yang mengawinkan anaknya lambat laun lebih menyukai penyelenggaraan perkawinan yang sifatnya instan, cepat selesai. Kalau banyak uang, cukup perkawinan diselenggarakan di Gedung Serba Guna yang jauh dari sentuhan adat.
Padahal yang sebenarnya dalam Upacara adat perkawinan Makassar, dahulunya terdapat acara memanggil pengantin pria saat akan tiba di rumah mertuanya, yang lazim disebut ‘Pa’kio Bunting’ . Saat ini sudah sangat sukar kita temukan ‘basa kabuyu-buyu’ seperti Pa’kio Bunting ini diucapkan, kecuali sedikit orang tua yang masih mengetahui dan memahami maknanya. Dalam ‘Pa’kio Bunting’ sebenarnya terkandung Pesan - pesan tu-riolo (leluhur) Bugis Makassar kepada pasangan pengantin sebelum mengarungi bahtera rumah tangga yang sebenarnya, termasuk didalamnya bagaimana memperlakukan mertua, menanamkan kecintaan kepada pasangan, dan apa yang harus dilakukan / tanggung jawab setelah berumah tangga, maka dari itulah penting bagi para generasi muda untuk dapat mengetahui, menghafal ataupun mengaplikasikan/ mempergunakannya disetiap acara perkawinan sebagai langkah untuk dapat melestarikan budaya “pakkiok bunting” ini 

C.     Naskah Pakkiok Bunting
Di bawah ini merupakan naskah “pakkiok bunting”
Iya dende ‘Iya dende
Nia tojemmi anne battu
Bunting kutayang
Salloa kuminasai
Nampako ri ujung bori’
Ri appa Pakrasangangku
Ku’rappo cini
Kutimbarangngi pangngai
Kuassennunju lania
Nakuitungko labattu
Ku’ragi memang
Berasa ri mangko kebo’
Nasadia lebba batta
Rappo ripala’ limangku
Kunnanro memang
Leko’ ri talang bulaeng
Kuntu intang maccayanu
Nibelo-belo jamarro, makilo-kilo
Massingarri dallekannu
Labbiri’ nuparamata
Jamarro moncong bulonu
Bulaeng ti’no
Ansuloi paccini’nu
Lekukapeangko anne
Sumanga’nu mabellayya
Ku kiyo’ tongi
Tubunnu sallo lampayya
Baji kualleko anne
Bunga-bunga tamalatea
Latei bunga
Tamalate cinikannu
Sakuntu’ sanrapangtongko
Bulang simombo’ I Raya
Nasussung pale
Natinriang wari-wari
Wari-wari kapappassang
Pale’ mannuntungi bangngi, nisailenu
Tamalajju cinikannu
Nacini’ ma’mole-mole
Ma’mole-mole nikio’ Daeng
Ni pakalompo
Nikanro ana’ karaeng
Kupattannangngangko anne
Tope talakka ri aya’
Malakka tope
Tamalakka’ko I kau
Nutuli manai mae
Ri balla’na matoannu
Matoang tuna
Ipara’ kamase-mase
Mangngonjo’ tommako anne
Tuka’ tallua anronna
Andakkai
Sampuloa baringanna
Majjappu’ tommako pole
Coccorang nita’bu ta’bu
Numannyorong
Pakke’bu’ digiring-giring
Tulusu’mako manai’
Ammalo ri paddaserang
Ri kale balla
Dapara nilapa’ jali’
Dasere’ nijaling kawa’
Nanianrong bassi kalling
Nisailei
Narau kanja nicini’
Nanumaddakkamo pole
Rapa’langga batang rappo
Mannoso tongko’
Ma’dongko ri tau-tau
Nanutulimo antama
Rawanganna timbaonu
Ri benteng polong
Tappere’ paramadani
Ajjo’jo kairi kanang
Massuro suro rapannu
Numapparenta, mappatuju sangkammannu
Naremba-rembako pole
Ana’ rara patampulo
Nitumaningi
Rilonrong beru ma’bakka
Benteng polong kana sako
Kanako benteng pakkai kai’ topenu
Pasikai simbolennu
Manai’ manaungko sallang
Turi bara’ baranginnu
Assulu’ antama’, ata maballa’ balla’nu
Numajjangang rassilerang, numattedong rassi bara
Nakatumbangngang, palangga ase berunu
Nakatepokangi pole, dodoso’ ase toanu
Nalamporo’nu
Tana alle passinringang
Tamanraikko ri ambong
Takalaukko ri jawa
Nanukuasa, kalummannyang barang-barang
Tama’botoro’ nummeta, tamaddangngangko nulaba
Caddi resonu, namalompo wassele’nu
Asse’re se’reko sallang, ri matoang kasi-asi
Nummannulungi, ipara’ kamase-mase
Nai’mi sallang tuannu, salladasere’ dalle’nu
Lompo arenne, kaleleang mange-mange
Kuminasaiko sunggu, kutinjakkiko mate’ne
Nusunggu tojeng, numate’ne tojeng-tojeng
Labbui bannang ri Jawa, labbuangngangi umuru’nu
Lampoi lino, lompoang rawa-rawanu
Lebba gentung timbaonu, lebba’ tantang pakkalli’nu
Nikida-kida, timbao ni ura’ tallu
Lebba’ basami ba’ra’nu
Lebba gusu’ langiri’nu
Tattannang tommi, capparu’ pa’minyakannu
Nanutulimo antama, ri bili’ kamulianu
Mannoso’ badang, annimbang bangkeng pacciko
Nukana kanami sallang, saraka ripamminangnga, tapau pau
Bunga rikatinroannu, musigala gala genre’
Nusireppe rappo toa
Nusippattoa, nusipaccammo cammoi nusilappa’ leko’ toa
Nusipattoa toai, sitanro takkang, sibuccu pa’dengka dengka
Numa’mana’ mana’ sarre
Numa’borong unti jawa
Pinruang se’re, numajjarimo tamanang
Lino-linopi anging, nubokoi toppi langi’
Puppusu’ takkang, pakkeke mappasisalla
Manai ngasemmi mae, anrong guru ningainnu
Anrong taunnu, kapala’ nipaemponu
Battu ngasemmi anjo pole, bijannu pammanakkannu
Bella bellanu, sanggenna turikalennu
Nipanai’mako sallang, ripangka’ pangka bulaeng
Nanipaempo, nadallekang pangngaddakkang
Sipoko’ bu’nemi sallang, tantanna je’ne matannu
Sipoko camba, pa’matti’na eloro’nu
Kupattannangngangko anne, anggoro’ ri ganturonu, kupa’lamungang
Lemo tanneng ri dolangang
Nakacinnala somba, nakanakkukanga manggau’
Napamattikang, eloro’ bate salapang
Bunting nilekkakko pole
Tunipa’lele ballaka ripa’rasangang
Bori’ nampa nula’bakki, kamma tommako anjo sallang
Jonga matoa ri sampa’ mannawa nawa
Mangngayangngang tuni malo


BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Pakkio Bunting adalah rangkaian kalimat-kalimat yang dilantunkan oleh seseorang yang dituangkan untuk memanggil pengantin (mempelai) saat tiba di rumah mempelai pasangannya. Pakkiok bunting ini merupakan bagian dari rangkaian budaya atau adat dalam perkawinan yang sangat penting untuk tetap dilestarikan sebagai wujud penghargaan kita kepada budaya yang telah diturunkan dari nenek moyang kita.

B.     SARAN
Semoga dengan adanya makalah ini kita dapat lebih tertarik untuk mengetahui pentingnya menjaga dan melestarikan budaya Makassar khususnya budaya “pakkiok bunting” yang sekarang  sudah mulai jarang kita temui di kota Makassar ini.


3 komentar:

  1. Kalau pelaku Pakkio' Bunting apakah Pria atau Wanita, tabe'...

    BalasHapus
  2. Casino Near DC - MapYRO
    Find Casino Near DC, VA Hotels & 메이피로출장마사지 Resorts, ranked from highest to 파주 출장마사지 1 Casino 의왕 출장샵 Hotel. 구리 출장안마 Near DC, 경산 출장샵 VA-5074. Riverview Casino, Casino Center, Casino City.

    BalasHapus